Google merupakan mesin pencari(Search Engine) nomor satu didunia. Selain google, sebenarnya masih ada search engine seperti Yahoo dan bing miliknya microsoft. namun mayoritas pengguna internet lebih memilih google. Sebab google memiliki kelebihan, yaitu dapat melakukan pencarian dengan baik dan sesuai yang kita inginkan. Namun tahukah anda bahwa kadang google juga menemukan sebuah artikel atau website yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan? Hal ini mungkin karena kita tidak melakukan pencarian dengan cerdas atau dengan bai. Nah berikut adalah Tips melakukan pencarian cerdas dengan google:

1. Google adalah mesin pencari, bukan manusia.

Google tidak seperti manusia yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda. Tapi google adalah mesin pencari yang akan mencarikan Anda sebuah artikel dari sebuah situs yang merujuk pada pencarian Anda. Saat anda akan melakukan sebuah pencarian, misalnya ingin mencari tentang makanan yang baik untuk sapi. Jangan menuliskan pertanyaan seperti "makanan apa saja yang baik untuk sapi?". Namun anda harus menulisakan sebuah kata atau kalimat seperti saat anda menulis sebuah judul artikel. jadi ketikkan "makanan yang baik untuk sapi".

2. Jangan menggunakan kata singkatan.

Saat anda ingin melakukan pencarian dengan google, jangan menggunakan bahasa sms atau BBM dsb. Sebaiknya jangan menggunakan kata singkatan, apalagi 4L4Y(baca:alay). Sebagian besar artikel yang ada di internet tentunya menggunakan tata bahasa yang formal, atau lengkap. sehingga saat anda menggunakan kata singkatan, google akan mengalami kesulitan dalam melakukan pencarian. 

3. Gunakan tanda + sebagai penghubung antar kata.

Karena google melakukan pencarian dengan memperhatikan kata perkata berdasarkan keyword yang anda masukkan. Sehingga saat anda mengetikan, makanan bagus untuk sapi, mungkin google juga akan mencari artikel tentang makanan bagus, atau makanan sapi saja, ataupun sapi saja. sehingga anda harus menggunakan tanda + agar google melakukan pencarian lebih fokus lagi. misal-> makanan+bagus+untuk+sapi.Hal ini dapat digunakan jika keywordaAnda gunakan lebih dari dua kata. namun jika hanya  dua kata, anda tidak perlu menggunakan ini.

4. Gunakan tanda petik dua(") untuk pembatas keyword.

Fungsi ini sama seperti nomor 3. Jika anda tidak ingin menggunakan cara nomor 3, anda bisa juga menggunakan cara ini. sebagai contoh Anda tuliskan-> "cara merakit komputer"

5. Jangan mengugunakan keyword terlalu panjang.

Walaupun Anda telah mengugunakan cara nomor 3 atau 4, sebaiknya Anda tidak menggunakan keyword yang terlalu panjang. karena kemungkinan kesesuain keyword anda dengan artikel yang ada akan lebih kecil. misalnya anda menuliskan "resep untuk memasak soto lamongan yang lezat". Keyword ini terlalu panjang, mungkin anda cukup menuliskan "resep soto lamongan" saja.

6. Gunakan kata filetype.

Misalnya anda ingin mencari sebuah artikel betipe pdf. Gunakan kata filetype ini, agar google hanya mencari artikel yang Anda inginkan yang bertype pdf. contoh-> "tutorial membuat blog" filetype:pdf. 

Cukup sekian dari sata mengenai Tips Pencarian Cerdas dengan Google. Semoga bermanfaat.


edit post

0 Reply to "Tips Pencarian Cerdas dengan Google"

  • Post a Comment