Saturday 3 March 2012

Struktur Data- Linked List

1.Single linked list = Bila struktur data sebuah node hanya memiliki satu tautan atas node berikutnya dalam sebuah Linked List/ memiliki satu arah pointer, maka daftar bertaut tersebut dinamakan sebagai Single Liked List.
Contoh:


2. Double LInked LIst = Berbeda halnya dengan Single Linked List, pada Double Linked List, struktur data atas tiap-tiap node memiliki rujukan pada node sebelum dan berikutnya. pointer menunjuk pada dua arah.
Contoh :


3.Circular linked List = Pada dua linked list sebelumnya, node terakhir dalam daftar tersebut merujuk pada null yang artinya akhir dari sebuah daftar, begitu pula null sebagai rujukan node sebelumnya pada node pertama bila daftar yang dimaksudkan adalah Double Linked List.
Contoh


4. Perbedaan dari ketiganya adalah, pada Single Liked list pointer hanya menunjuk ke satu arah dan berakhir pada elemen NULL, Sedangkan pada Double Linked List pointer menunjuk pada dua arah, yaitu ke arah elemen sebelumnya dan elemen berikutnya, walupun sama-sama berakhir pada elemen NULL. Dan pada Circular Linked List, memiliki satu arah pointer, namun pada elemen terakhir akan kembali mengarah pada elemen pertama, bukan NULL.
 

6 comments:

  1. Replies
    1. maaf teman, untuk implementasi belum bisa saya share disini. mungkin bisa merujuk ke beberapa referensi lain yang berupa pemrograman berorientasi objek. dengan melihat contoh-contoh coding sederhana.
      Terimakasih sudah berkunjung...

      Delete
  2. perbedaannya cuman itu aja mas?

    ReplyDelete
  3. perbedaannya hanya itu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin masih terdapat perbedaan2 yg lain mas, ini hanya saya tuliskan apa yg saya dapatkan di materi kuliah, terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete