Thursday 1 March 2012

Metodologi Penelitian, Definisi dan Jenis Penelitian

Disini, saya akan coba membagikan mengenai materi kuliah Metodologi Penelitian. Seiring dengan keinginan saya untuk menjadikan blog ini sebagai sebuah catatan kuliah saya, maka saya awali dengan menuliskan tentang materi Metodologi Penelitian. Walaupun sebenarnya saya juga sudah membagikan beberapa materi kuliah saya di posting-posting sebelumnya, namun kali ini saya akan mencoba fokus untuk menuliskan materi-materi yang saya dapatkan di bangku kuliah, sebagai seorang mahasiswa teknik informatika.


Definisi penelitian
Penelitian adalah suatu penyelidikan  yang sistematis untuk meningkatkan pengetahuan, juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah jertentu yang memerlukan jawaban.(wikipedia.org)
Suatu research (penelitian) khususnya dalam ilmu-ilmu pengetahuan empirik, bertujuan untuk menemukan, mengembangkan atau menguji kebenaran suatu pengetahuan.(Drs. Husin Suyati)
Jenis-Jenis Riset/ Penelitian

Menurut Drs. Husin Sayuti dalam bukunya yang berjudul "Pengantar Metodologi Riset", jenis-jenis riset dapat dibagi dalam beberapa golongan sebagai berikut:
Penggolongan menurut bidangnya:
Contohnya: riset pendidikan, riset sejarah, riset teknik, riset biologi, dll
Penggolongan menurut tempatnya:
Contohnya: riset laboratorium, riset perpustakaan, riset kancah
Penggolongan menurutpemakainya:
Contohnya: riset murni(pure research), riset terpakai(applied research)
Penggolongan menurut  tujuan umumnya:
Contohnya: riset eksploratif: riset defelopmental, riset verifikatif
Penggolongan menurut tarapnya:
Contohnya: riset deskriptif, riset inferensial
Penggolongan menurut  approach/pendekatanya:
Contohnya: riset longitudinal, riset cross sectional

0 commen:

Post a Comment