Thursday 23 February 2012

Internet dan Web


Internet
Internet(interconnecting network) adalah sebuah jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia. Pada awal berdirinya, sebenarnya internet digunakan untuk keperluan militer oleh Departemen Pertahanan di Amerika Serikat. Pada tahun 1969, US Department of Defense ini membentuk proyek ARPA(Advanced Research Projects Agency), yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Mereka mendemostrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan. Dan akhirnya pada 1 Januari 1983 ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP(Network Control Program) ke TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol ). Merupakan Protocol yang kita gunakan hingga saat ini.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet.

Web
Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
Web Statis
Web statis merupakan web yang tampilanya tidak berubah-ubah dan isinya jarang di update,  web yang sering menggunakan web statis biasanya merupakan company web/ website sebuah perusahaan,  personal profile dan web yang menawarkan sebuah produk.
Web Dinamis
Berbeda dengan web stitis, web dinamis ini tampilanya selalu berubah-ubah. Dan isinya selalu di update dalam jangka waktu tertentu. Bisa setiap bulan, setiap minggu, setiap hari, bahkan setiap detik. Contoh dari web dinamais adalah blog/weblog, web berita/ portal , dan web social network.

0 commen:

Post a Comment