Sunday 22 January 2012

Menampilkan Folder yang Disenbunyikan Virus

Pernahkah Anda kehilangan Folder di flashdisk ataupun hardisk Anda? Ketika membuka hardisk/flashdisk nama folder-folder Anda ada, tapi ketika akan dibuka, foder itu kosong, dehingga Anda tidak menemukan file-fle di dalam folder tersebut. Jika terjad demikian, kemungkinan folder-folder Anda disembunyikan oleh virus. tapi tenang saja, Anda tidak perlu panik, bingung, gundah, takut, apalagi GALAU, karena Anda masih bisa Menampilkan Folder yang Disenbunyikan Virus tersebut. Folder-folder Anda tidak hilang, hanya ke-hidden saja.
Virud hidden folder ini biasanya bekerja dengan cara menyembunyikan folder-folder Anda dan mengganti dengan folder kosong/shortcut dengan nama yang sama dengan folder-folder aslinya. Jika memang benar-benar "hanya" ke-hidden, Anda cukup menggunakan Antivirus Lokal, Smadav. Belum punya? Download dulu disini . Setelah di download, cara menginstalnya sangat mudah, Anda cukup mengklik file yang Anda download tadi. tunggu beberapa saat hingga Smadav-nya selesai di instal.
Setelah terinstal, jalankan smadav-nya, pilih pada bagian scanner. Pada bagian Computer Driver, centang nama hardisk/flashdisk yang akan di scan(yang foldernya hilang tadi). Lalu klik SCAN, pada bagian kanan. Tunggu proses scanning, jika sudah selesai, akan muncul virus-virus yang terdeteksi.klik CLEAR ALL, setelah selesai, pilih pada bagian "Hidden". disitu akan muncul nama-nama folder Anda yang hilang tadi. klik Clear All. Selesai. Folder anda telah kembali. Langkah terakhr adalah periksa folder-folder anda tadi.

Sekali lagi, cara diatas bisa dilakukan jika folder "hanya" sekedar tersembunyi saja. jika cara tersebut masih belum berhasil mungkin flashdisk anda terjangkit virus yang lebih parah, jika itu terjadi, coba scan dengan antivirus lain, seperti avira/kaspersky. Kemungkinan lain, jika pada flashdisk anda terdapat file bernama USBcillin, itu adalah nama dari virusnya. untuk menghapusnya baca postingan saya  cara menghapus USBcillin.
Sekian, semoga bermanfaat.

#sebagai pembaca yang budiman, silakan tinggalkan komentar ^_^

0 commen:

Post a Comment