Tuesday 29 November 2011

Cara Menghindari Hacking Facebook



Facebook merupakan sebuah situs jejaring sosial yang sangat digemari saat ini. Social Networking garapan Mark Zuckerberg ini memang salah satu situs yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet didunia setiap harinya. Dengan facebook ini banyak hal yang dapat kita lakukan untuk bisa saling berhubungan dengan teman dan sudara kita di manapun dia berada. Namun ada kalanya orang sering mencuri akun atau hanya sekedar iseng dengan akun facebook kita. Kadang ada yang membuat status yang tidak jelas, mengupload foto2 "aneh", atau juga mengerjai teman yang dimiliki si pemilik akun. Memang susah juga jika facebook kita kena hacking. Karena mungkin juga ada privasi yang ada di facebook kita. Ada beberapa cara para hacker untuk membobol sebuah akun facebook. diantaranya sebagai berikut:


1. Phising -> Membuat situs palsu yg mirip Facebook agar korban login melalui situs palsu tersebut. Jadi, Hacker membuat situs yang tampilanya benar-benar mirip dengan tampilan awal pada saat kita membuka facebook. So, pastikan bahwa situs yang Anda ketik di address bar browser anda benar-benar www.facebook.com bukan yang lain.
2. Keylogging -> Menanamkan keylogger di komputer korban. Keylogger adalah sebuah aplikasi yang dapat membaca apa yang Anda ketikkan di keyboard, termasuk jika anda mengetikkan password facebook Anda.
Biasanya keylogger ditanam di warnet-warnet. kalau di laptop pribadi kemungkinannya kecil. karena pelaku harus meminjam laptop Anda untuk menanamkan/mengistal keylogger tadi.
Cara untuk menghindarinya, gunakan on screen keyboard. Yang dapat Anda buka  dengan klik START>PROGRAM>ACCESSORIES>TOOLS> On Screen Keyboard
3. Session Hijacking -> Mencuri session login (cookies) akun Facebook korban. Hacker tidak perlu memasukkan email & password untuk login, hanya dengan cookies korban hacker bisa langsung login.
*hanya bisa dilakukan di jaringan yg sama dengan korban, misal jaringan hotspot/wifi*
cara mencagahnya, Selalu gunakan koneksi https jika masuk Facebook. Untuk settingnya masuk menu Security di Account Setting dan enable-kan Secure Browsing. Atau masuk link ini untuk mengubahnya https://www.facebook.com/settings?tab=security
*)saran untuk menghindari hacking facebook:
  1.  Pada saat login facebook, JANGAN PERNAH meng'klik' save password. karena password Anda akan tersimpan di browser.
  2. Pastikan yang anda ketik adalah situs yang anda maksud, jangan sampai slah satu huruf pun. karena biasanya Phising menggunakan nama situs yang mirip dengan nama aslinya..
  3. Jangan menampilkan alamat email akun facebook Anda di profil facebook Anda. Sebaiknya tampilkan alamat email yang lain.
  4. Jangan lupa untuk logout setelah Anda menggunakan facebook, Terutama jika di warnet. 
  5. Jangan menggunakan password monoton, seperti misalnya tanggal lahir, atau nomor telepon.
  6. Gunakan password yang berbeda antara facebook, email atau akun-akun yang lain. untuk menghinadari kebobolan yang lebih parah.

0 commen:

Post a Comment