Sunday 22 May 2011

Mengenal Linux

Apa Sih Linux Itu? 
Linux adalah salah satu dari beberapa sistem operasi pada komputer. Sistem operasi/Operating System (OS) adalah aplikasi/software yang berguna untuk menghubungkan user dengan komputer. Saat ini, mungkin banyak orang yang masih belum mengenal linux. Karena kebanyakan orang lebih mengenal windows (termasuk Saya pertama ngerti OS adalah windows). Padahal, sebenarnya ada beberapa kelebihan Linux dibanding dengan windows. Diantaranya :



Linux Merupakan OS yang bersifat Open Source Dan freeware.
Apa itu Open Source, Opensource artinya kita bebas mengganti apapun yang ada pada OS tersebut(mulai dari tampilan, Aplikasi2, Dan perintah2 yang akan kita gunakan). Sedangkan Free ware adalah bebas digunakan siapa saja, tanpa harus mempunyai lesensi. Tidak seperti windows,yang hingga saat ini sangat banyak sekali orang yang menggunakan windows tanpa memiliki lesensi (alias bajakan)
Multiuser dan multi tasking.
Jadi, kita dapat Login lebih dari satu user pada saat yang bersamaan pada waktu yang sama. Hal ini tidak bisa dilakukan pada windows. Multitasking, kita dapat mengaktifkan lebih dari satu aplikasi pada waktu brsamaan(kalo ini windows juga bisa).
Memiliki Beberapa Distro.

Artinya, Linux memiliki berbagai macam jenis, yang masing-masing jenis tersebut memiliki kemampuan-kemampuan yang memang dirancang khusus/ fokus pada kemampuan tertentu. Macam-macam distro linux (Red Hat, Debian, Slack Ware, SuSE, Mandrake, WinLinux)
Compatible Dengan OS Lain.
Linux dapat compatible dengan OS lain, windows misalnya. Aplikasi-aplikasi pada windows bisa terbaca oleh linux, namun tidak berlaku sebaliknya.

Namun, disini berlaku peribahasi "Tidak Ada Gading Yang Tak Retak". Linux Juga memiliki kelamahan. Salah satu kelemahan Linux yang Saya temui adalah, pada linux kita harus memasukan kode-kode untuk melakukan perintah-perintah, Sehingga kita di tuntut untuk menghafal kode perintah-perintah tersebut.

Cukup ini dulu perkenalan mengenai Linux. Mungkin Insya Allah kedepanya Sya juga akan menuliskan beberapa mengenai Linux. Khususnya UBUNTU.

referensi wikipedia.org

0 commen:

Post a Comment